Senin, 22 Februari 2010

Rangkuman kegiatan-kegiatan yang pernah saya ikuti

*SEMINAR :

- Seminar "Road to WordCamp 2010"

Dalam rangka menyongsong WordCamp 2010, Universitas Gunadarma menyelenggarakan kegiatan “Road to WordCamp” yang telah diselenggarakan pada tanggal 24 November 2009 lalu. Bentuk kegiatan yang diselenggarakan adalah Seminar tentang “Blogging with Wordpress” dan Lomba Kreatifitas Mahasiswa UG untuk para “Wordpress Developer”.

Lomba yang diadakan adalah sebagai berikut :

1. Lomba Pembuatan template wordpress (themes) yang bercirikan Universitas Gunadarma yang ditandai dengan adanya logo atau image tentang UG, tagline “Coloring The Global Future”. Pada logo, image, atau tagline tersebut dilink ke situs Universitas Gunadarma (http://www.gunadarma.ac.id). Kriteria lombanya meliputi disain dan layout, kelengkapan fitur blog, dan kesesuaian dengan identitas atau jati diri Universitas Gunadarma.

2. Lomba Pembuatan blog social network berbasis wordpress dengan ketentuan: (a) tema social networknya berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan atau peminatan yang ada di Universitas Gunadarma, (b) alamat URL-nya pada sub domain UG yang akan diberikan ke setiap kelompok peserta lomba. Kriterianya meliputi disain, fitur social network, jumlah member pada periode mulai dilaunching sampai tanggal tertentu yang akan ditentukan oleh panitia, traffik, serta jumlah external link ke situs social network tersebut.

Dua jenis lomba tersebut bersifat kelompok untuk mahasiswa UG yang statusnya aktif untuk semua program studi D3 dan S1 di Universitas Gunadarma.

- Seminar "Technology Update" (Mhs SisKom & TeKom)

Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HMTK) Universitas Gunadarma menyelenggarakan seminar "Technology Update" yang telah dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : 23 Desember 2009

Pukul : 08.00-13.00 WIB

Tempat : Kampus D Auditorium Gd. 3 Lt. 4

Topik : Over Clock

Pembicara :

1. Panji Akbar (AMD Indonesia) “Memaksimalkan Kinerja Processor & Motherboard"

2. Bernadus A kinardi (Seagate Indonesia) “Speed"

Manfaat dari seminar ini yaitu kita dapat mengetahui cara memaksimalkan kinerja processor & motherboard.

- Seminar Mobile Devices in Computing Education(MHS)

Universitas Gunadarma bekerja sama dengan Gulph University, Canada melaksanakan rangkaian kegiatan Workshop dan Seminar yang merupakan rangkaian kegiatan kunjungan Dr. Mahmoud Qusay di Universitas Gunadarma. Di samping itu acara ini juga merupakan rangkaian kegiatan berjudul ”Uni-Industry Collaboration” suatu upaya menjalin kerja sama kampus dan industri, maka di samping seminar dan workshop tentang topik tersebut, maka juga dilakukan beberapa materi yang terkait dengan kerjasama kampus dengan pihak industri lainnya.

Kegiatan ini merupakan usaha mengurangi jarak antara industri dan dunia pendidikan di Indonesia. Upaya mengetahui trend-trend terbaru di industri serta upaya-upaya metoda pengajaran terbaru yang memanfaatkan trend baru tersebut. Kegiatan ini diharapkan memberikan pengetahuan baru bagi civitas akademika Universitas Gunadarma. Serta memberikan manfaat bagi partner industri dari Universitas Gunadarma. Menjalin hubungan baik dengan universitas luar negeri maupun industri merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini.

Dalam seminar ini menghadirkan pembicara :

1. Pembicara Assoc. Prof. Dr. Mahmoud Qusay

2. Pembicara dari Universitas Gunadarma

3. Pembicara dari industri penyedia layanan content

Kegiatan seminar ini telah dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : 13 Januari 2010

Waktu : 08.30 - 13.00 WIB

Tempat : Auditorium Gedung 4 Lantai 6 Kampus Depok Universitas Gunadarma


*WORKSHOP :


- Building Web Using Dreamweaver

Manfaat yang saya dapat dari mengikuti workshop ini yaitu saya dapat mengenal lebih banyak tentang pembuatan web dengan aplikasi dreamweaver. Di workshop ini saya juga diberikan modul tentang penggunan dreamweaver secara terperinci, sehingga saya dapat membacanya untuk menambah pengetahuan saya.



*KURSUS :


- MIDlet Java Programming on Mobile Devices

Manfaat yang saya dapat sangat banyak, selain pengetahuan saya tentang java bertambah saya juga dapat secara langsung belajar bagaimana cara membuat game di handpone/ponsel. Memang tidak mudah untuk membuatnya, tapi di kursus inilah kita di ajarkan untuk lebih mengenal sintak-sintak dalam program java, sehingga kita dapat menjalankan game pada handpone tersebut. Bagi saya keahlian dalam mengunakan aplikasi java sangat penting untuk saya dalam menjalankan program yang saya buat. Karena itu saya memilih kursus MIDlet java programming on mobile devices ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar